JOBSHEET
SISTEM KOMPUTER
Diajukan sebagai syarat untuk mengikuti Uji Kompetensi
Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
Guru pembimbing : Adi Brama
Guru pembimbing : Adi Brama
SMK TARUNA BHAKTI
TahunAjaran 2017/2018
Di SusunOleh
Nama : Windy Gustina Sari
NIPD : xxxxxxxxxx
YAYASAN SETYA BHAKTI
SMK TARUNA
BHAKTI
TERAKREDITASI : “A”
NPSN : 20229232
BIDANG STUDI KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN
JARINGAN
Jln. PekapuranKel.Curug – Kec.
CimanggisDepokKodePos 16953
Telp. (021) 8744810
2016
LEMBAR
PENGESAHAN
JobsheetIniTelahDisetujuidanDisahkan
PadaTanggal …………18 MEI ……… Tahun…….……..2017…….……….
Menyetujui
Guru Mata Pelajaran PesertaUjianPraktik
Adi Brama Windy Gustina
Sari
Mengetahui
Kepala Program
TKJ
TanzelaAzizi,
S.Kom
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah kami panjatkan
kehadiran allah swt. Atas berkah rahmat, taufik serta karunianya pembuatan
jobsheet dapat saya selesaikan penyusunannya. Sholawat dan
salam semoga senantiasa tercurah atas nabi besar Muhammad
SAW,keluarganya,sahabatnya termasuk pengikutnya hingga akhir zaman.
Jobsheet
ini memuat tentang materi Sistem Komputer diantaranya yaitu : Struktur
Organisasi dan Arsitektur pada Sistem Komputer . Penyusunan jobsheet ini
diperlukan sebagai informasi yang dapat digunakan dengan semestinya. Ucapan
terimakasih yang sedalam-dalamnya kami sampaikan kepada :
1.
BapakRamadin Tarigan, STselakukepalasekolah SMK Taruna Bhakti Depok
2.
BapakTanzelaAzizi,Skomselaku
guru produktifdankepala program TKJ yang
memberikanmateri,bimbingansehinggasayadapatmenyelesaikanjobsheetini.
3.
Semuarekan-rekan yang
membantusayadalammembuatjobsheetini.
Saya bahwa jobsheet ini baik dari
susunan kalimat maupun isinya masih terdapat banyak kekurangan. oleh karena itu
saran dan kritik demi penyempurnaan jobsheet ini sangat saya hargai.Akhirnya
dengan mengharap banyak petunjuk, bimbingan serta ridhonya mudah-mudahan
jobsheet ini dapat memenuhi fungsinya sebagaimana yang diharapkan.Amin.
Depok, 18 Mei 2017
Windy Gustina sari
DAFTAR ISI
HALAMAN
Contents
BAB I
PENDAHULUAN
Seiring dengan
kemajuan teknologi informasi, telah menimbulkan dampak yang cukup besar bagi
kehidupan manusia. Kemajuan ini telah menuntut segala sesuatunya berjalan
dengan cepat. Komputer sebagai salah satu hasil dari kemajuan teknologi
informatika. Komputer diharapkan membantu mempercepat dan memudahkan kinerja
seseorang dalam tugas sehari-hari.
alat
modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari
mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, teknik computer jaringan bahkan
hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan
terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus
mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar
kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri. Atas dasar itu kami
mencoba membahasnya dalam bentuk jobsheet dengan harapan dapat berguna bagi
orang lain khususnya bagi kami.
Tujuan
dari pembuatan Jobsheet ini adalah :
1.
Membuat
siswa menjadi lebih aktif
2.
Membuat
siswa menjadi lebih kreatif
3.
Memenuhi
persyaratan ujian peraktek
Manfaat dari pembuatan Jobsheet ini adalah :
1. Memberikan siswa pengetahuan baru
2. Agar lebih efisien dan lebih memudahkan penguna/user
1. Memberikan siswa pengetahuan baru
2. Agar lebih efisien dan lebih memudahkan penguna/user
1.PENGERTIAN
Arsitektur Komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Sedangkan Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
2.PERBEDAAN
a)ArsitekturKomputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann,CISC,RISC,bluegene,dll.
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dan lain-lain. Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub kategori:
1.Setinstruksi(ISA)
2.ArsitekturmikrodariISA
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Arsitektur Komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Sedangkan Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
2.PERBEDAAN
a)ArsitekturKomputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann,CISC,RISC,bluegene,dll.
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dan lain-lain. Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub kategori:
1.Setinstruksi(ISA)
2.ArsitekturmikrodariISA
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
b)OrganisasiKomputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal control.
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal control.
§ Perbedaaan Utamanya
:
Organisasi Komputer :
Bagian yang terkait dengan erat dengan unit-unit operasional
Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control.
Organisasi Komputer :
Bagian yang terkait dengan erat dengan unit-unit operasional
Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control.
§ Arsitektur Komputer
:
Atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Mesin Von Neumann adalah arsitektur yang diciptakan oleh John
von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer
saat ini.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat
bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh
berkas kawat, “bus”
Cara kerja dari mesin Von
Neumann :
1. Pemrosesan dari mesin Von
Neumann
Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit)
berperan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan
informasi melalui system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan
berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan
arahan-arahan berkaitan.
arsitektur von Neumann menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU),
adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika
(tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan
pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk
kesetaraan).
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh
komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi
(dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan
kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol
pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali
kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer
bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
2. Input dan hasil dari mesin
Von Neumann
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar,
dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non
fisik (softcopy). Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa
mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang
bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Dalam pengertian diatas
sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Kelebihan dan kekurangan dari
sistem Von Neumann
Kekurangan dari mesin von
neumann diantara nya adalah :
1.
bus tunggalnya itu sendiri. Sehingga instruksi untuk mengakses
program dan data harus dijalankan secara sekuensial dan tidak bisa
dilakukan overlaping untuk menjalankan
dua isntruksi yang berurutan.
2.
Selain itu bandwidth program
harus sama dengan banwitdh data. Jika memori
data adalah 8 bits maka program juga harus 8 bits. Satu instruksi biasanya
terdiri dari opcode (instruksinya sendiri)
dan diikuti dengan operand (alamat
atau data). Karena memori program terbatas hanya 8 bits, maka instruksi yang
panjang harus dilakukan dengan 2 atau 3 bytes. Misalnya byte pertama
adalah opcode dan byte berikutnya adalah operand.
3.
Secara umum prosesor Von Neumann membutuhkan jumlah clock CPI (Clock per Instruction)
yang relatif lebih banyak dan walhasil eksekusi instruksi dapat menjadi relatif
lebih lama.
Kelebihan dari mesin Von
Neumann adalah :
1.
Dengan arsitektur Von Neuman prosesor tidak perlu membedakan
program dan data. Prosesor tipe ini tidak memerlukan control bus tambahan berupa pin I/O khusus untuk
membedakan program dan data. Karena kemudahan ini, tidak terlalu sulit bagi
prosesor yang berarsitektur Von Neumann untuk menambahan peripheral eksternal
seperti A/D converter, LCD, EEPROM dan devais I/O lainnya.
2.
Biasanya devais eksternal ini sudah ada di dalam satu chips,
sehingga prosesor seperti ini sering disebut dengan nama mikrokontroler (microcontroller).
3.
fleksibilitas pengalamatan program dan data. Biasanya program
selalu ada di ROM dan data selalu ada di RAM. Arsitektur Von Neumann
memungkinkan prosesor untuk menjalankan program yang ada didalam memori data
(RAM). Misalnya pada saat power on, dibuat
program inisialisasi yang mengisi byte di dalam
RAM.
4.
Program ini adalah instruksi untuk mengisi accumulator A dengan
data yang ada di alamat 4000 (ROM). Instruksi tersebut singkat hanya
perlu satu baris saja. Pada prinsipnya, kode biner yang ada di RAM bisa berupa
program dan bisa juga berupa data.
Memory Internal adalah Memory yang dapat diakses secara langsung oleh
prosesor. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data
atau program. Fungsi dari memori utama sendiri adalah :
1. Menyimpan
data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic
and Logic Unit) untuk diproses.
2. Menyimpan
daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran Menampung
program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat
sekunder.
Jenis - Jenis Memory Internal
1. ROM (Read
Only Memory)
Adalah
perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya
hanya dapat dibaca. Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa
ditulis secara berulang-ulang. Memori ini berjenis non-volatile, artinya data
yang disimpan tidak mudah menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan.
Karena
itu memori ini biasa digunakan untuk menyimpan program utama dari suatu sistem.
ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.Di
dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS.
Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika
komputer mulai dihidupkan.
Sampai
sekarang dikenal beberapa jenis ROM yang pernah beredar dan terpasang pada
komputer, antara lain :
PROM (Progammable Read-Only-Memory) : Jika isi ROM ditentukan
oleh vendor, PROM dijual dalam keadaan kosong dan kemudian dapat diisi dengan
program oleh pemakai. Setelah diisi dengan program, isi PROM tak bisa dihapus.
EPROM (Erasable
Programmable Read-Only-Memory) : Berbeda dengan PROM, isi EPROM dapat dihapus
setelah diprogram. Penghapusan dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet.
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only0Memory) :
EEPROM dapat menyimpan data secara permanen, tetapi isinya masih bisa dihapus
secara elektris melalui program. Salah satu jenis EEPROM adalah Flash Memory.
Flash Memory biasa digunakan pada kamera digital, konsol video game, dan cip
BIOS.
() RAM (Random
Access Memory)
Merupakan jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer
dihidupkan dan sebagai suatu penyimpanan data yang dapat dibaca atau ditulis
dan dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan data yang berbeda-beda. Jenis
memori ini merupakan jenis volatile (mudah menguap), yaitu data yang tersimpan
akan hilang jika catu dayanya dimatikan.
Karena
alasan tersebut, maka program utama tidak pernah disimpan di RAM. Random
artinya data yang disimpan pada RAM dapat diakses secara acak. Modul memori RAM
yang umum diperdagangkan berkapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan 4
GB.
RAM
dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu jenis Statik dan Dinamik. RAM
statikmenyimpan satu bit informasi dalam sebuah flip-flop. RAM statik
biasanya digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang tidak memerlukan kapasitas
memori RAM yang besar.
RAM
dinamik menyimpan satu bit informasi data sebagai muatan. RAM dinamik
menggunakan kapasitansi gerbang substrat sebuah transistor MOS sebagai sel
memori elementer. Untuk menjaga agar data yang tersimpan RAM dinamik tetap
utuh, data tersebut harus disegarkan kembali dengan cara membaca dan menulis
ulang data tersebut ke memori. RAM dinamik ini digunakan untuk aplikasi yang
memerlukan RAM dengan kapasitas besar, misalnya dalam sebuah komputer pribadi
(PC).
Jenis
- Jenis RAM
1. D RAM (Dynamic
Random Access Memory)
=> jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam
kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus
ter-refresh secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya
sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya
memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan
sangat tinggi.
2. S RAM (Static Random
Access Memory)
=> pada SRAM tidak menggunakan kapasitor. Hal
ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti
halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih
tinggi dari DRAM. Berdasarkan fungsinya terbagi menjadiAsynchronous dan Synchronous.
3. EDO RAM (Extended
Data Out Random Accses Memory)
=> jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori
secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat.
Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM)
RAM. Seperti FPM DRAM, EDO RAM memiliki kecepatan
maksimal 50MHz EDO RAM juga harus membutuhkan L2 Cache untuk
membuat semuanya berjalan dengan cepat, namun jika user tidak memilikinya, makaEDO
RAM akan berjalan jauh lebih lambat.
4. FPM RAM (Fast
Page Mode DRAM)
=> model DRAM paling lama. Masalah yang sering muncul
dari FPM DRAM adalah kecepatan transfernya yang lambat yakni
maksimum 50MHz.
5. SD RAM
(Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
=> SD RAM merupakan tipe baru dari DRAM. SD
RAM mulai berjalan dengan kecepatan transfer 66MHz, sementara mode
halaman DRAM dan EDO RAM yang lebih lama akan berjalan di maksimal 50MHz. Untuk
mempercepat kinerja processor, maka RAM generasi baru seperti DDR dan RD RAM
biasanya dapat mendukung performa yang lebih baik.
DDR (Double Data Rate SDRAM). DDR pada dasarnya memiliki
kecepatan transfer dua kali lipat daripada SDRAM. DDR akan beroperasi di
333MHz, dengan pengoperasian sebenarnya 166MHz * 2 (aka PC333 / PC2700) atau
133MHz*2 (PC266 / PC2100). DDR RAM juga kompatibel dengan SDRAM secara fisik,
namun menggunakan bus parallel yang sama, sehingga membuat implemnetasi lebih
mudah dibandingkan RDRAM, yang merupakan teknologi berbeda.
6. RD RAM (Rambus
Dynamic Random Acces Memory)
=> salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang
diproduksi oleh Rambus Corporation menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi
memiliki jalur data yang sempit (8 bit).RD RAM memiliki memory
controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya.
Contoh produk yang memakainya adalah 3dfx seri Voodoo4.
RDRAM
merupakan teknologi memory serial yang datang dengan tiga pilihan, yakni PC600,
PC700, dan PC800. PC800 RDRAM didesain dengan double maximum kecepatan transfer
daripada PC100 SDRAM, namun memiliki latensi tinggi. RDRAM memiliki multi
channel, seperti pada motherboard Pentium 4, yang dapat menawarkan fungsi
memori paling bagus, terutama ketika dipasangkan dengan memory PC1066 RDRAM.
Memory
Eksternal adalah memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data
atau program. Dengan kata lain memory ini termasuk perangkat keras untuk
melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan
data, di luar memori utama.
Contoh:
Hardisk, Flash Disk, dan Floppy Disk. Pada dasarnya konsep dasar memori
eksternal adalah Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat
komputer aktif atau tidak.
Memori
eksternal mempunyai dua fungsi utama yaitu sebagai penyimpan permanen
untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang
berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.
Jenis - Jenis Memory Eksternal
1. Berdasarkan
Karakteristik Bahan
Punched Card atau kartu berlubang : Merupakan kartu kecil berisi lubang-lubang yang
menggambarkan berbagai instruksi atau data. Kartu ini dibaca melalui punch card
reader yang sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 1979.
Magnetic disk : Magnetic Disk merupakan disk yang terbuat dari bahan yang
bersifat magnetik, Contoh : floppy dan harddisk.
Optical
Disk : Optical disk terbuat dari bahan-bahan optik, seperti dari
resin (polycarbonate) dan dilapisipermukaan yang sangat reflektif seperti
alumunium. Contoh : CD dan DVD
Magnetic
Tape : Sedangkan magnetik tape, terbuat dari bahan yang bersifat
magnetik tetapi berbentuk pita, seperti halnya pita kaset tape recorder.
2. Berdasarkan
Jenis Akses Data
DASD
(Direct Access Storage Device) : Mempunyai
akses langsung terhadap data. Contohnya : Magnetik (floppy disk, hard disk),
Removeable hard disk (Zip disk, Flash disk), Optical Disk dll.
SASD
(Sequential Access Storage Device) : Mempunyai
akses data secara tidak langsung(berurutan), seperti pita magnetik.
Teknologi Memori Semikonduktor pada umumnya dapat dibagi menjadi dua kategori utama berdasarkan pengoperasiannya dalam menahan data ketika tidak diberikan Tegangan. Kedua Kategori utama tersebut adalah :
Seperti Namanya, RAM atau Random Access Memory adalah Memori semikonduktor
yang digunakan untuk membaca dan menulis data dalam urutan apapun. Memori
Semikonduktor jenis ini digunakan untuk aplikasi seperti komputer atau prosesor
memori data atau variabel disimpan dan diminta secara acak. Data dapat disimpan
dan dibaca berkali-kali namun data yang disimpan akan hilang apabila memori
semikonduktor tersebut tidak dialiri arus listrik. Memori jenis ini sering
disebut juga dengan Volatile Memory.
Berdasarkan Teknologi dan aplikasinya, RAM dapat dibagi
menjadi :
- DRAM – DRAM merupakan
singkatan dari Dynamic Random Acces
Memory. DRAM menggunakan sel memori (Memory Cells) yang terdiri
dari Kapasitor dan Transistor untuk menyimpan setiap bit data. Tingkat
muatan pada setiap kapasitor menentukan apakah sebuah Bit tersebut adalah
logika 1 atau 0. Muatan listrik yang tersimpan dalam kapasitor akan
discharge perlahan-lahan sehingga diperlukan refresh (penyegaran kembali)
secara berkala. DRAM merupakan Memori Semikonduktor yang sering digunakan
sebagai Memori Utama Komputer. Seiring dengan perkembangannya, Teknologi
DRAM dapat dibagi menjadi FPM-DRAM (Fast page mode DRAM), EDO-DRAM
(Extended data out DRAM), VRAM (Video random access memory), SDRAM
(Synchronous dynamic random-access memory) dan DDR SDRAM (Double data rate
synchronous DRAM).
- SRAM – SRAM adalah
singkatan dari Static Random Access
Memory. SRAM tidak memerlukan refresh secara berkala sehingga
kecepatan aksesnya (tulis dan baca) lebih tinggi dari DRAM. Namun
kekurangan SRAM adalah memerlukan daya yang lebih tinggi dari DRAM dan
juga harga yang lebih mahal dari DRAM. Dengan demikian, SRAM umumnya
digunakan sebagai Cache sedangkan DRAM digunakan sebagai Memori Utama.
ROM atau Read Only Memory merupakan
jenis Memori Semikonduktor yang hanya dapat menyimpan data dalam sekali tulis
saja, data yang telah tersimpan tidak akan berubah atau hilang meskipun tidak
dialiri arus listrik. Namun seiring dengan perkembangan Teknologi, beberapa
jenis ROM sudah dapat dihapus dan ditulis kembali (re-write) dengan cara-cara
tertentu seperti dengan Ultraviolet dan Listrik. Memori jenis ini sering
disebut juga dengan Non-Volatile Memory.
Berdasarkan Teknologi dan aplikasinya, ROM dapat dibagi
menjadi :
- PROM – PROM merupakan
singkatan dari Programmable Read Only
Memory. Memori Semikonduktor jenis PROM ini hanya dapat ditulis
sekali dan harus diprogram dengan alat khusus yaitu PROM Programmer.
- EPROM – EPROM adalah
singkatan dari Erasable Programmable Read
Only Memory. Memori Semikonduktor jenis EPROM dapat diprogram
dan dapat dihapus. Untuk EPROM ini, penghapusan harus dilakukan dengan
sinar ultraviolet. Terdapat sebuah jendela kecil pada EPROM yang untuk
memungkinkan cahaya mencapai chip silikon. Ketika EPROM digunakan, jendela
ini biasanya ditutupi dengan label agar data dapat dipertahankan untuk
jangka waktu tertentu.
- EEPROM – Kepanjangan dari
EEPROM adalah Electrically Erasable
Programmable Read Only Memory. EEPROM adalah jenis Memori
Semikonduktor yang dapat diprogram/ditulis dan dihapus dengan menggunakan
tegangan listrik. Seperti Memori Semikonduktor yang berjenis ROM lainnya, EEPROM
juga dapat mempertahankan isi memori meskipun tidak dialir arus listrik.
Namun penulisan atau pemrograman EEPROM tidak secepat RAM.
- Flash Memory –
Flash Memory atau Memori Flash merupakan pengembangan dari Teknologi
EEPROM. Data dapat ditulis maupun dihapus sesuai dengan keinginan
penggunanya. Kecepatan proses penulisan dan penghapusan isi data berada
diantara EEPROM dan RAM. Namun kurang cocok digunakan sebagai Memori Utama
Komputer. Flash Memori biasanya digunakan untuk Kartu Memori (SD Card, Memory
Sticks) dan USB Flash drive (Thumbdrive).
BAB III
PENUTUP
Komputer
PC terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian input, proses, dan output.
Setiap bagian terdiri dari beberapa komponen yang saling mendukung. Setiap
komponen pada PC mempunyai spesifikasi tertentu dan kegunaan/fungsi khusus.
Evolusi computer telah ditandai dengan peningkatan kecepatan prossesor,
pengurangan ukuran komponen, peningkatan kapasitas memori, dan
peningkatan kapasitas dan kecepatan I/O. Satu factor yang berpengaruh besar
dalam dalam peningkatan kecepatan prossesor adalah dengan peyusutan ukuran
komponen prossesor mikro, hal ini mengurangi jarak antara komponen dan
karenanya dapat meningkatkan kecepatan. Bagaimanapun, keuntungan sebenarnya
dalam kecepatan terakhir ini telah datang di organisasi prossesor termasuk
penggunaan yang berat dalam pipelining dan teknik eksekusi pararel dan
penggunaan teknik eksekusi yang bersifat spekulasi yang
mengakibatkan eksekusi berikutnya bersifat sementara yang mungkin
diperlukan.
Selanjutnya
didalam suatu permasalahan kritis dalam merancang system computer adalah
menjaga keseimbangan kinerja dar berbagai unsur-unsur,sehingga menghasilkan
kinerja dalam datu bidang tidaklah mempengaruhi suatu bidang yang lain.
Kinerja sebuah sistem komputer merupakan
hasil proses dari seluruh komponen komputer, yang
melibatkan CPU, memori utama, memori sekunder, bus,
peripheral. Dari segi perkembangan program aplikasipun sangat
menakjubkan.
infonya sangat bermanfaat bagi ane
BalasHapusLem touchscreen lcd